Tips Mengelola Sampah Rumah Tangga yang Benar

Sampah rumah tangga adalah salah satu jenis sampah yang sangat banyak diproduksi setiap hari. Sudah pasti memang di setiap rumah pasti akan ada sampah.

Yang paling sering sudah pasti adalah sampah seperti sampah detergen, sampah konsumsi seperti sampah makanan dan minuman, dan sampah dapur, dll.

Sampah dapur ini tentu karena jumlahnya yang banyak maka harus dikelola dengan baik. Karena jika saja 1 rumah menghasilkan 2 kg sampah setiap hari, bayangkan berapa sampah yang dihasilkan dalam 1 komplek perumahan ? Berapa dalam 1 kecamatan? Sampai berapa dalam 1 negara sampah yang dihasilkan setiap harinya ?

Nah untuk itu, maka sebaiknya pengelolaan sampah rumah tangga harus lebih diperhatikan supaya tidak banyak membahayakan dan malah membuat lingkungan menjadi rusak. Berikut ini adalah beberapa contoh tips mengelola sampah rumah tangga :

  1. Letakkan kantong plastik sampah pada tong sampah

Agar tong sampah kita tidak kotor, usahakan kita sudah menaruh plastik polibag pada tong sampah yang ada di rumah kita. Jadi ketika sudah penuh, kita hanya tinggal mengangkat plastik sampah tersebut.

Nah setelah plastik sampah tersebut terangkat, kita juga tidak akan susah untuk membersihkan tong sampah kita tersebut.

  1. Pisahkan antara sampah organik dan anorganik

Ini adalah yang juga wajib untuk diterapkan yaitu pemisahan antara sampah organik dan juga anorganik. Kamu harus tau bahwa sampah organik adalah sampah yang berasal seperti dari bekas sayuran, bekas telur, bekas daun kering di rumah, bekas buah – buahan busuk, dan lain sebagainya.

Untuk sampah anorganik adalah sampah seperti misalnya sampah bekas bungkus camilan, bekas kaleng susu, bekas plastik belanja, bekas botol minuman, dll.

Nah pastikan kedua jenis sampah ini terpisah agar petugas kebersihan nanti lebih mudah memilahnya.

  1. Jangan biarkan sampah menggunung

Nah usahakan untuk sampah agar tidak menggunung. Maksudnya adalah, kita harus sering membuang sampah ke TPA jika sampah di tempat sampah stainless rumah sudah penuh. Karena nanti pasti akan menghasilkan bau tak sedap, banyak lalat, dan pastinya mengotori rumah.

Itulah beberapa tips yang perlu dilakukan agar kita bisa mengelola sampah sendiri di rumah dengan benar. Oleh karena itu ayo, pastikan kita sudah benar – benar bisa mengelola sampah rumah tangga sendiri ya.