Dampak Kerusakan Alam Untuk Habitat Satwa Langka yang Harus Diwaspadai

Dampak Kerusakan Alam Untuk Habitat Satwa Langka yang Harus Diwaspadai

Kerusakan alam seperti hutan menjadi salah satu ancaman serius bagi satwa yang tinggal di dalamnya. Selain disebabkan oleh bencana alam, kerusakan alam bisa disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Misalnya kebakaran hutan, banjir, dan tanah longsor.

Oleh karena itu, menjaga alam dan isinya merupakan tugas semua manusia yang ada di bumi dan jangan sampai malah manusia yang membuat kerusakan. Jika alam rusak dampaknya bisa langsung terjadi ke satwa dan manusia.

Berikut ini beberapa dampak yang disebabkan karena kerusakan alam bagi habitat satwa langka yang harus kita waspadai bersama:

  1. Hilangnya habitat hewan

Alam menjadi habitat bagi satwa yang ada di bumi. Di alam banyak hidup berbagai jenis satwa yang dilindungi maupun tidak dilindungi. Jika alam rusak maka otomatis satwa pun akan kehilangan habitatnya, terutama bagi satwa yang tinggal di dalam hutan.

Saat hutan rusak maka akan banyak sekali satwa yang bisa kehilangan habitat aslinya sehingga mencari habitat baru bahkan sampai pergi ke perkebunan warga.

  1. Hilangnya sumber makanan

Dampak dari kerusakan alam selanjutnya ialah hilangnya sumber makanan. Saat alam rusak, maka ketersediaan makanan menjadi tidak ada. Hal ini dikarenakan satwa bergantung kepada alam, terutama makanan sehari-harinya mengandalkan dari alam seperti omnivora maupun herbivora.

  1. Terjadinya kepunahan

Saat sumber makanan sudah tidak ada maka akan banyak satwa langka yang kehilangan makanannya. Karena setiap makhluk hidup membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Namun jika makanan tidak tercukupi dengan baik maka akan membuat satwa menjadi lemah dan punah.

Sudah menjadi tugas manusia yang hidup di bumi untuk melestarikan dan menjaga alam. Hal ini karena alam sangat bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya seperti satwa. Jangan sampai malah alam menjadi murka karena manusia yang suka berbuat kerusakan.

Cara menjaga alam ini bisa dimulai dengan hal-hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghindari penebangan pohon secara liar dan berlebihan, dan masih banyak hal lainnya. Dengan kita menjaga alam tentu dampak kerusakan alam untuk satwa pun bisa dikurangi atau dihindari.